Jumat, 17 April 2015

GEOTOUR 2015 : Destinasi Cianjur


Lama sekali rasanya sejak terakhir posting Maret lalu blog ini dibiarkan kosong melompong. Bukannya tidak ada ide tapi memang sedang sangat disibukan dengan berbagai tugas pekerjaan, kuliah dan kesibukan lainnya. Weekend pun selalu diisi dengan berbagai aktivitas entah berkeliaran kemana jadilah jarang nongkrong di depan laptop melakukan hal produktif, menulis.

Nah kali ini, saya mau menceritakan perjalanan saya bulan lalu, ke salah satu kota di Jawa Barat, Cianjur. Tepatnya 14 Maret 2015, saya dan teman saya, Kak Vanny, mengikuti salah satu trip yang diadakan oleh Black Trailers Community. Berawal dari postingan Kak Johar di instagramnya tentang acara ini. Saya langsung googling dan cari info tentang Black Trailers Community dan GEOTOUR-nya. Merasa tertarik saya langsung hubungi Kak Vanny. Dan dia langsung say "yes". Jadilah kami berdua mengikuti trip yang diselenggarakan Black Trailers Community ini.

Trip ini bertajuk GEOTOUR. Nah apa itu GEOTOUR? Geotour adalah eduwisata ke objek wisata yang menarik dan menantang sebagai media pembelajaran geotourism. Konsep geotour memberikan ruang pembelajaran untuk memahami objek wisata yang dikunjungi, tidak hanya datang namun juga mengetahui apa yang ada di objek wisata tersebut seperti sejarah, kearifan lokal, serta interaksi dengan penduduk lokal. Tahun 2015 ini, Black Trailers mengadakan Geotour dengan destinasi Cianjur. 

Jadi geotour tidak sebatas memberikan wisata namun juga pembelajaran mengenai objek wisata yang dituju hingga interaksi dengan penduduk lokal. Kegiatan yang dilakukan selama geotour antara lain :

1. Yoga on The Hills
Kegiatan ini salah satu yang paling menarik. Kami, peserta diajak untuk yoga di Gunung Padang. Menikmati semilirnya pagi sambil menikmati pemandangan sinar matahari di atas Gunung Padang. It's just so amazing!

 2. Experiencing Gunung Padang 
Destinasi dari wisata ini adalah Gunung Padang di Cianjur. Pada kegiatan ini ada pemberian sesi atau sharing yang dipandu oleh geolog handal, pak Budi dari ITB. Beliau menceritakan secara detail objek wisata tersebut mulai dari sisi historis zaman purba hingga isu kekinian.

 
3. Dusun Cipangulaan
Setelah mendengarkan penjelasan mengenai Gunung Padang, kegiatan selanjutnya adalah mengunjungi dusun Cipangulaan. Disini kami diajak untuk menyaksikan pembuatan gula aren yang merupakan salah satu mata pencaharian di desa setempat dan telah berlangsung secara turun temurun. 

4. Cultural Experience di Desa Wisata Sukaratu
Kunjungan selanjutnya adalah Desa Wisata Sukaratu. Desa ini masih sangat asri. Kami disini melakukan berbagai aktivitas mulai dari bertani (baca main disawah) hingga kegiatan berbasis budaya, menikmati permainan tradisional.

 
5. Traveller's Book of Care

One traveler one book. Berbagi buku. Sebagi penutup trip, kami berbagi buku untuk adik-adik di desa Sukaratu.



Itulah sebagian keseruan Geotour 2015 destinasi Cianjur ini. Mau tau keseruan lainya?
Nantikan yaa. Akan ada tulisan untuk masing-masing kegiatan.

Cheers,
Lita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar